PANDANSARI- Senin, 4 Juli 2022 Bertempat di Pendopo Desa Pandansari Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga, Pemerintah Desa Pandansari bersama Tim Puskesmas Kejobong yang di ikuti oleh Ibu-ibu Kader Kesehatan Desa Pandansari melakukan pendataan dan update peta sanitasi desa pasca verifikasi ODF.

Peta sanitasi adalah peta yang dibuat untuk menentukan lokasi rumah, sumber daya yang tersedia dan permasalahan sanitasi yang terjadi dalam bentuk gambar.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kepala Desa Pandansari Ridi, Bidan Desa Pandansari Ibu Endah Wahyuningsih.

Ridi selaku Kepala Desa dalam sambutannya, mengapresiasi semangat ibu-ibu kader desa, membantu Pemerintah desa dalam program Jambanisasi yang di pelopori oleh Tim dari Puskesmas Tahunan.  “Mari kita selesaikan masalah jambanisasi/sanitasi ini bersama-sama, karena luasnya Desa Pandansari masih ada yang belum terselesaikan dan akan terus di optimalkan sehingga kedepannya diharapkan Desa Pandansari bisa menjadi Desa ODF dan Bebas BABS”, ujarnya. 

Yenny selaku Tim dari Puskemas Kejobong menyampaikan tentang Update Peta Sanitasi dengan tujuan untuk mengecek/meninjau kembali data yang lama atau yang sudah ada, terkait perubahan perilaku warga yang dulunya masih numpang di tetangga, sekarang sudah mempunyai sanitasi sendiri. “Nanti di peta di akan beri warna dan keterangan, sesuai yang ada di buku petunjuk”, ujarnya.

beliau juga menyampaikan masalah sanitasi tersebut harus di selesaikan secara bersama-sama, agar wilayah kecamatan Kejobong khususnya Desa Pandansari sudah masuk dalam kategori ODF. “Kita sukseskan progam pemerintah dalam menjadikan wilayah kabupaten Purbalingga menjadi wilayah ODF. Itu menjadi tugas kita semua.” pungkasnya.

Beliau juga menyampaikan tentang Sanitasi total yang merupakan kondisi ketika suatu komunitas atau kelompok untuk Tidak buang air besar (BAB) sembarangan, Mencuci tangan pakai sabun, Mengelola air minum dan makanan yang aman, Mengelola sampah dengan benar, Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Maka dari itu perubahan perilaku dan komitmen warga Desa Pandansari sangat diharapkan untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasaan buang air besar sembarangan.

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *