PANDANSARI- Kamis, 30 Juni 2022 Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga menggelar Kegiatan Pelatihan Membatik di Desa Pandansari sebagai bentuk pelibatan masyarakat dalam rangka Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 wanita berdaya dari Desa Pandansari.

Kegiatan Tersebut merupakan perwujudan bahwa Perpustakaan mempunyai peran penting dalam menyediakan akses terhadap informasi yang berkualitas untuk masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Akses ke informasi dapat memberikan kesempatan dan peluang untuk seseorang dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Peran perpustakaan semakin berkembang sebagai ruang terbuka bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan pelatihan, workshop, dan tempat sharing pengetahuan/keterampilan.

Kegiatan Transformasi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial merupakan bagian dari program prioritas nasional dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia maju.

Untuk meningkatkan kesejahteraan, pengetahuan dan keterampilan masyarakat Kabupaten Purbalingga melalui pengalaman belajar. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga menggelar Pelatihan Sablon dan Membatik yang di laksanakan selama 2 hari di Pendopo Desa Pandansari

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan ini adalah :

  1. Meningkatkan keterampilan /skill masyarakat;
  2. Menciptakan masyarakat yang sejahtera melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial;
  3. Melibatkan peran serta aktif masyarakat untuk mendorong perpustakaan menjadi ruang interaksi masyarakat;
  4. Meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi masyarakat;
  5. Menyebarkan semangat untuk berwirausaha.

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *