MUSDES P3-TGAI DESA PANDANSARI

Musdes P3-TGAI Desa Pandansari (12/04/2021)

Pandansari – Pemdes Pandansari laksanakan Musdes P3-TGAI pada hari Senin, 12 April 2021 yang di hadiri oleh Kepala Desa Pandansari (Ridi) beserta perangkatnya, Eko Arif Susanto selaku konsultan pendamping P3-TGAI di Desa Pandansari, Pengurus P3-TGAI Desa Pandansari dan warga pemilik sawah.

Musdes kali ini membahas tentang persiapan pelaksanaan teknis di lapangan yang di pimpin langsung oleh Eko Arif Susanto, setelah sebelumnya telah dilakukan sosialisasi dan musdes pembentukan kepengurusan program.

Program Padat Karya Tunai (PKT) melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus bergulir di seluruh Indonesia. Pada tahun 2021, pelaksanaan P3-TGAI menjangkau 12.000 lokasi dengan total anggaran sekitar Rp 2,70 triliun.

Disamping membangun infrastruktur berskala besar, seperti bendungan dan bendung, Kementerian PUPR juga membangun infrastruktur kerakyatan seperti jaringan irigasi kecil sehingga air dapat mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani. Pada TA 2021, cakupan program P3-TGAI meningkat menjadi 12.000 lokasi dari sebelumnya TA 2020 sebanyak 10.000 lokasi.

P3-TGAI merupakan pekerjaan perbaikan/rehabilitasi/peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif yang melibatkan masyarakat, untuk mendukung kedaulatan pangan. Petani pekerja diberikan upah harian atau mingguan, sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara musim tanam dan panen.

Leave a Reply